Subsidi ongkir minimal belanja 75 Ribu.

Masih Kosong

The Turning Point (Titik Balik Peradaban)

Yogyakarta Di Bawah Sultan Mangkubumi 1749-1792

Kategori: Pengetahuan Sosial

Product Tags

Rp.191,250   Rp.225,000

Description

"Pembagian Kerajaan Mataram menjadi Surakarta dan Yogyakarta lebih berupa serangkaian proses ketimbang suatu peristiwa. Diawali dari pendakuan wilayah, proses ini berkembang menjadi sengketa bersenjata, perundingan-perundingan politis, upaya-upaya penyatuan melalui perkawinan, hingga akhirnya pengukuhan-pengukuhan identitas.

Proses rumit ini hanya mungkin berlangsung secara damai karena ada sosok pemimpin yang andal, Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengkubuwana. Dengan kecakapannya memelihara kesetimbangan hubungan dengan Surakarta dan Kompeni, Mangkubumi berhasil menjaga masa damai Jawa yang paling panjang dan menjadi raja yang bertakhta paling lama sepanjang sejarah Mataram hingga zamannya.

Dengan saksama menggunakan sumber-sumber kesejarahan Belanda maupun Jawa, Marle C. Ricklefs menyajikan secara hidup sosok Mangkubumi dan tantangan-tantangan yang dihadapinya dalam membentuk Yogyakarta, bukan hanya dalam ranah politis-kemiliteran, tapi juga dalam ranah budaya dengan membangun simbol dan mitos untuk memahami realitas baru: Jawa yang terbagi dan Kompeni yang menetap."

Detail

Kategori : Pengetahuan Sosial
Penyunting : M.C. Ricklefs
Ketebalan : 3 cm
Dimensi : 14 x 20 cm
Bahasa : Indonesia
Stock: Tersedia
Penerbit: Mata Bangsa
Berat : 800 gram
Product Tags:

Reviews

0 /5

5 Star
4 Star
3 Star
2 Star
1 Star

Submit Your Review

Required fields are marked*

Terakhir dilihat

Rekomendasi Bacaan Serupa