Subsidi ongkir minimal belanja 75 Ribu.

Masih Kosong

Damn Ternyata Bisnis Itu Mudah - Derita Akibat Malas Dare!: Berani Berubah Karena Hidup Terus Berubah

Dapatkah Subaltern Berbicara

Kategori: Sosial Budaya

Product Tags

Rp.51,000   Rp.60,000

Description

Pada 1985, Gayatri Spivak menerbitkan esai karyatamanya, “Dapatkan Subaltern Berbicara?”, yang mendedah tentang ketidakmampuan orang-orang yang tak berdaya untuk mengekspresikan diri. Subaltern pada mulanya berarti opsir junior di Angkatan Darat Inggris, tetapi telah dikooptasi oleh kelompok peneliti akademis, terutama yang tertindas oleh kekuatan kolonial. Spivak berpendapat bahwa pengalaman kelompok semacam itu mau tak mau telah terdistorsi oleh perspektif kaum elite yang mendeskripsikannya – misalnya, akademisi.

Dalam esai yang canggih dan tajam ini, Spivak juga memperluas makna subaltern sehingga berlaku juga secara spesifik untuk para perempuan di negara-negara kolonial. Ia memeriksa peristiwa bunuh diri seorang perempuan India, yaitu Bhubaneswari Bhaduri, pada 1926. Awalnya, peristiwa bunuh diri itu dianggap disebabkan oleh keresahan Bhaduri lantaran kehamilan di luar nikah. Spivak menekankan bahwa Bhaduri sebenarnya tidak sedang hamil. Ia mengatakan bahwa Bhaduri bunuh diri karena tidak tahan untuk ambil bagian dalam pembunuhan politis. Perempuan ini “tidak didengar,” kata Spivak, karena didefinisikan hanya dalam batas-batas gender yang sempit.

“Dapatkah Subaltern Berbicara?” menempatkan Spivak di jajaran feminis yang memperhitungkan sejarah, geografi, dan kelas tatkala memikirkan tentang kaum perempuan.

Detail

Kategori : Sosial Budaya
Penyunting : Gayatri Chakravorty Spivak
Ketebalan : 126
Dimensi : 12 x 18 cm
Bahasa : Indonesia
Stock: Tersedia
Penerbit: Circa
Berat : 200 gram
Product Tags:

Reviews

0 /5

5 Star
4 Star
3 Star
2 Star
1 Star

Submit Your Review

Required fields are marked*

Terakhir dilihat

Dapatkah Subaltern Berbicara
15%
Dapatkah Subaltern Berbicara

Rp.51,000 Rp.60,000

Dapatkah Subaltern Berbicara

Rp.51,000 Rp.60,000

Rekomendasi Bacaan Serupa